Kamis, 20 Mei 2010

Profile pada majalah MataAir

MKMM (Majelis Kepedulian Masyarakat Muslim) adalah organisasi independen non partisan yang bergerak dibidang sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan keagamaan. Berdiri pada tahun 1999 di Blora, Jawa Tengah, sebuah kota kabupaten yang dikenal dengan sumber daya alamnya yang cukup melimpah berupa kayu jati, minyak serta kulinernya yang khas, yaitu lontong tahu, sate ayam dan masih banyak panganan-pangan khas lainnya.

Pada awalnya adalah adanya kesamaan “nasib” yang kemudian membuncahkan kebulatan visi untuk mengukuhkan sebuah kepedulian. Kepedulian memang sebuah kata yang begitu indah nan elok, mudah terucap serta acap menyosok dalam jargon-jargon. Faktanya, kata-kata itu sepertinya mau tersungkur oleh karena kuatnya arus modernisasi yang menenteng sikap individualisme. Kapitalisasi tampaknya telah mengerubuti di segala ranah kehidupan hingga merasuk dalam sikap dan tindakan.

Kumpul-kumpul beberapa pemuda Blora yang biasa disebut dengan “Ngudi Roso” telah membangkitkan semacam “Sumpah Pemuda”. Ya, sumpah para pemuda Blora yang kemudian menjasad dalam bentuk semangat untuk bisa turut berkiprah dalam kehidupan nyata khususnya untuk lingkup wilayah Blora. Keislaman yang menyatukan keyakinan kami telah melahirkan “elan vital” baru untuk menerjemahkan nilai-nilai Islam yang adiluhung ke dalam wilayah kehidupan nyata dalam kerangka berbangsa dan bernegara. Kami sadar bahwa nilai-nilai ke-Ilahi-an sudah seharusnya senantiasa disambungkan dengan kemanusiaan. Ajaran Islam yang sangat menjunjung tinggi kesederajatan manusia perlu “dibumikan” sehingga tidak hanya menjadi ajaran yang semata “melangit” yang hanya sekedar menjadi “menu khotbah”. Jangan sampai keberagamaan menjelma menjadi peninabobok bagi masyarakat terutama masyarakat yang tengah berada “di titik nol” baik secara ekonomi maupun sosial. Keberagamaan perlu diejawantahkan dalam wujud kepedulian. Bukan kepedulian yang berada di arasy jargonis, melainkan kepedulian yang konkrit dan menyatu-raga dengan kebutuhan masyarakat. Atas dasar inilah, kemudian menginspirasikan untuk membentuk wadah demi menampung segala bentuk aspirasi dan ekspresi kepedulian guna membantu sesama, khususnya masyarakat Blora dalam suatu bentuk bernama Majelis Kepedulian Masyarakat Muslim atau disingkat dengan MKMM.

MKMM berprinsip “Menungso iku Roto Koyoning Jungkas" (manusia itu sama tanpa membedakan kelas - kelas sosial/egaliter) dan “Mbangune Umat Jo Dikuyo-Kuyo” (membangun umat tanpa meng- ekploitasi). Disamping itu, MKMM selalu berpanjat pada moralitas (akhlaq al-karimah) melalui sikap-sikap seperti kesantunan, solidaritas, kearifan dan keguyuban.

Dalam rangka menggiatkan visi yang demikian itu, MKMM tidak lantas “nggegemongso” dengan menceburkan diri atau memburu “hal-hal besar”. MKMM berpedoman “in praise of slow”. Artinya, MKMM hendak memulai dari kegiatan dan usaha yang kecil tapi mentes. Bagi MKMM, kemajuan tidak mesti harus ditimba dari kecepatan, atau malah sikap grusa-grusu dan awur-awuran, tetapi justru kelambanan merupakan kecepatan dalam bentuk lain. Kelambanan yang dilambari sikap kehati-hatian dan sinar persaudaraan akan menjadi ‘energi baru” dalam melakoni kegiatan organisasi demi menggapai tujuan luhur.

Demikianlah, dengan niatan mulia dan semangat kepedulian yang inklusif, MKMM akan terus berikhtiar melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif demi mewujudkan garis khitthah perjuangan organisasi yang kiranya bisa memberikan manfaat lahir dan batin bagi masyarakat. Sekecil apapun yang bisa dijalani MKMM, yang terpenting adalah kemashlahatan.

Profile MKMM diangkat dalam sebuah Rubrik INOVASI, Majalah "MATAAIR" Edisi 36 Tahun 2010.
Bagi yang berada di Wilayah Kabupaten Blora dan sekitarnya, sekiranya berminat mendapatkan majalah bulanan "MATAAIR" silahkan menghubungi sekretariat kami, atau langsung ke situs Majalah "MATAAIR" di http://www.gusmus.net/

1 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

MKMM Blora terbuka untuk anda, Please write something hereunder :